Tuesday, April 17, 2012

Microsoft Siapkan Windows RT



Sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 8, memang masih berupa janji yang kelak akan diluncurkan pada akhir tahun. Namun perusahaan software raksasa ini pun telah memberi nama resmi untuk setiap versi Windows 8.

Ada tiga versi utama pada Windows 8 sebagaimana dikutip dari blog resmi tim Windows. Pertama, versi Windows 8 (polos). Diperuntukkan kepada pengguna PC dengan penggunaan yang biasa-biasa saja.

Versi kedua adalah Windows 8 Pro. Versi ini mengincar segmen para pebisnis, pengembang aplikasi dan penggemar teknologi. Pihak Microsoft mengklaim, banyak fitur ramah bisnis pada Windows 8 versi Pro, termasuk kemampuan enkripsi, manajemen virtualisasi, dan konektivitas domain.

Baik Windows 8 dan Windows 8 Pro, berjalan di perangkat komputer dan tablet dengan prosesor berarsitektur x86/64 (32 bit dan 64 bit).

Nah, untuk perangkat dengan prosesor berarsitektur ARM yang umumnya saat ini digunakan untuk tablet, akan menggunakan Windows 8 RT. Ya, ini adalah nama resmi sistem operasi Windows 8 untuk ARM. RT adalah singkatan dari "Run Time."

Di Windows 8 RT, ada versi gratis Microsoft Office meliputi Word, Excel, PowerPoint dan OneNote. Software ini dioptimalkan untuk penggunaan layar sentuh. Namun, tak ada software bawaan pemutar multimedia Windows Media Player pada versi ini.

Sumber : Kompas.com

2 comments: