Tuesday, April 10, 2012

Bahasa Programmer Untuk Pemula


Belajar semua bahasa pemrograman tidak mungkin dilakukan karena selain jumlahnya banyak juga cara penulisan kodenya beda-beda. Jadi harus memilih yang mana cocok digunakan sesuai rencana kedepannya akan buat aplikasi apa saja. Contoh kalau mau fokus ke aplikasi buat OS Windows bisa fokus ke VBasic, Delphi, C++. Kalo pingin fokus ke web aplikasi bisa Java, pHp, Delphi, C++. Kalo mau fokus ke aplikasi database silahkan pilih semua bhs pemrograman mampu melakukannya dengan baik, tapi anjuran saya fokus ke Delphi untuk platform Windows dan fokus ke C++ untuk multiplatform atau non Windows. Kalo mau fokus ke aplikasi system control anjuran saya C++. Kalo mau fokus ke aplikasi client server, anjuran saya C++.



Jadi kalo mau fokus ke semua jenis aplikasi, maka yang paling cocok C atau C++, karena kedua bhs ini selain sangat handal juga bersifat multiplatform, yg artinya mampu berjalan di hampir semua OS yang ada dan mampu berjalan diplatform small device seperti handphone, tablet dll. Ini karena hampir semua OS PC ataupun OS Small Device dibuat dengan bhs C atau C++.



Kalo pengalaman saya, pertama waktu SMA diajarkan Turbo Basic, terus belajar sendiri Cobol, lalu waktu kuliah belajar Fotran dan Pascal, terus belajar sendiri C, Delphi, C++, Java, terakhir belajar pHp dan .Net dan asp, akhirnya pusing juga terlalu banyak, lalu karena keseringan hanya gunakan Delphi dan C++, maka bisa dikatakan sekarang fokusnya di Delphi dan C++ sampe skarang. Kalo skarang disuruh pake Java pasti rasanya canggung, soalnya sudah sepuluh tahunan ngak pernah lagi buat aplikasi pakai Java.

Thanks to : Group & X-code

0 comments:

Post a Comment